Rabu, 23 November 2011

JAGA KESEHATAN.

Obat Penurun Kolesterol YANG SELAMAT




shutterstock

 kolesterol dapat diturunkan dengan melakukan perubahan gaya hidup, dan menggunakan obat-obatan. Obat penurun kolesterol golongan statin adalah efektif dan selamat digunakan dalam jangka panjang.
Selama 11 tahun pakar dari uk telah membuat kajian ini. Mereka menedapati  obat simvastatin  dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular . Jauh dari itu, statin juga  tidak menyebabkan peningkatan risiko barah atau penyakit non-vaskular lainnya.

"Pesakit yang menghadapi risiko tinggi terkena penyakit  vaskular dapat mulai menggunakan statin karena dalam jangka panjang adalah selamat,"  Dr.Richard Bulbulia, perunding bedah vaskular dan peneliti dari Universitas Oxford, UK.menjelaskanStatin berfungsi dalam mensitetis kolesterol tubuh dengan menghalang suatu zat dalam hati yang diperlukan untuk membuat kolesterol. Akibatnya kolesterol tidak ada dalam sel-sel hati, sehingga mereka harus mengambil kolesterol dari dalam darah. Obat ini terutama efektif untuk menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL.

"Pengguna obat penurun kolesterol akan mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit vaskular lainnya," menurut Bulbulia.
Kajian yang dilakukan Bulbulia  meninjau keselamatan simvastatin dalam jangka panjang karena beberapa kajian menyebutkan obat ini meningkatkan kesan barah dan penyakit non vaskular lainnya.
Kajian yangt dilakukan terhadap 20.500 orang yang memiliki peluang sakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Para pengkaji membandingkan hasil dari responden yang menggunakan ubat ini dengan yang mendapatkan placebo. Usia responden adalah 40-80 tahun.
Responden secara rambang  diberikan 40 mg simvastatin setiap hari, sementara sisanya mendapat placebo. Pada akhir fase penelitian di tahun kelima, para peserta kajian diminta melanjutkan penglibatanya dalam kajian selama enam tahun kemudian.dimana 17.500 pengikutsertaa memilih untuk meneruskakan..Dengan ini jika diteruskan pengobatan ini akan menyebabkan ramai persakit jantong dapat dielakkan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan